fbpx

Cara Cek Nomer Porsi haji

Cara Cek Nomer Porsi Haji – Melakukan ibadah haji adalah wajib bagi mereka yang mampu. Dimana ibadah haji adalah ibadah yang sangat diinginkan oleh seluruh umat muslim. Untuk melakukan ibadah haji, kita juga harus mengikuti antrean, karena setiap tahunnya para jemaah yang akan melakukan ibadah haji sangatlah banyak. Sehingga untuk menjalankan ibadah haji kita harus bersabar dan mengikuti antrean sampai nanti kita dapat menjalankannya. dan antreanitu dapat kita di Cara Cek Nomer Porsi Haji

Lalu bagaimana cara kita untuk mengecek kapan kita akan berangkat haji ? Sekarang, masyarakat yang sudah mendaftar untuk menunaikan ibadah haji akan diberikan nomor porsi haji. Dimana nomor tersebut digunakan sebagai nomor urut untuk pendaftaran haji dan bisa didapatkan para jemaah apabila sudah membayar setoran awal pada bank penerima setoran yang digunakan sebagai biaya ongkos naik haji.

Untuk melihat atau mengecek nomor porsi haji, kita dapat melihatnya menggunakan smartphone maupun komputer. Hal ini digunakan agar para jemaah dapat mengecek kapan mereka berangkat untuk menunaikan haji dengan mudah. Kita dapat melihatnya melalui aplikasi haji pintar maupun website resmi haji yang dibuat oleh kementerian agama republik Indonesia. Didalam aplikasi maupun website tersbeut, kita dapat mencari secara otomatis nomor porsi yang sudah kita miliki. Berikut Cara Cek Nomer Porsi Haji melalui HP Android.

1. Cara Cek Nomer Porsi Haji melalui Aplikasi Haji Pintar

Aplikasi Haji Pintar ini dapat kita unduh melalui smartphone Android yang kita miliki, karena aplikasi ini sudah tersedia di Play Store.

Aplikasi Haji Pintar ini juga dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kita dapat mengecek segala hal terkait haji dan umrah pada aplikasi ini. Berikut cara cek porsi haji menggunakan Aplikasi Haji Pintar.

  • Buka Play Store
  • Cek Aplikasi Haji Pintar
  • Lakukan Instalasi
  • Setelah Instalasi Selesai Jalankan Aplikasi
  • Setelah Aplikasi Berjalan Pilih Menu Estimasi Keberangkatan
  • Masuk Nomer Porsi Anda
  • Lalu Klik Submit
  • Informasi Akan Tampil

2. Cara Cek Nome Porsi Haji melalui Website Kemenag

Jika sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara mengecek porsi haji melalui aplikasi yang di download melalui play store, maka cara lainnya apabila Anda tidak ingin mendownload aplikasi yaitu dengan cara sebagai terus.

  • Buka Website Resmi Kemenag di  haji.kemenag.go.id
  • Klik Menu Beranda
  • Cari Bagian Bawah Perkiraan Berangkat
  • Masukan Nomer Porsi Yang Ada Punya Ke Kolom Yang di Sediakan
  • Klik Cari
  • Seluruh Informasi Yang Anda Butukan Akan Di Tampilkan

3. Cara Cek Nome Porsi Haji melalui Aplikasi Pusaka

Selain melalui situs Kemenag, calon jemaah juga bisa menggunakan aplikasi Pusaka untuk cek perkiraan keberangkatan haji. Aplikasi Pusaka rilisan Kemenag ini bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Berikut ini cara mengeceknya:

1. Unduh aplikasi Pusaka di Google Play atau App Store.

2. Buka aplikasi Pusaka.

3. Pilih menu “Islam”.

4. Lihat menu “Layanan Haji & Umrah” lalu pilih menu “Estimasi Keberangkatan.”

5. Masukkan nomor porsi pada kolom yang tersedia lalu tekan “Cari Nomor Porsi”. Nomor porsi dapat dilihat pada berkas pendaftaran yang diterbitkan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota saat jemaah mendaftar haji. Nomor porsi ini terdiri dari rangkaian 10 angka.

6. Pada tahap terakhir pengecekan akan muncul data ‘Estimasi Keberangkatan’ yang mencakup informasi nomor porsi, nama, kabupaten/kota, provinsi, posisi porsi pada kuota provinsi/kabupaten/kota khusus, kuota provinsi/kabupaten/kota khusus, serta perkiraan keberangkatan tahun Masehi dan tahun Hijriah.

Perlu diketahui oleh calon jemaah, perkiraan keberangkatan haji ini nantinya dapat berubah sesuai dengan kuota provinsi/kabupaten/kota/haji khusus serta adanya perubahan regulasi.

Demikian Cara Cek Porsi Haji Semoga Kita smua umat muslim dapat menjalankan ibadah haji dan umroh dalam waktu dekat. Aamiin YRA

 

 

Sumber : Detik : Cara Cek Nomor Porsi untuk Perkiraan Keberangkatan Haji