Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah 

Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh

Saat berkesempatan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah maupun haji, sayang jika melewatkan kegiatan yang satu ini. Yakni Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh. Kegiatan ini menjadi daya tarik bagi jamaah dari berbagai negara termasuk Indonesia. Karena berkunjung ke peternakan unta telah menjadi Program oleh Jamaah Haji Plus dan Umroh Karena disini juga mereka sekalian akan miqat (berniat haji/umroh) di Hudaybiyah, perbatasan tanah haram sekitar 2KM dari sini

Di Arab Saudi, peternakan unta umumnya dapat dijumpai di Hudaibiyah, Asyuraeek, dan Ja'ronah. Di antara ketiganya, yang paling mudah diakses adalah Hudaibiyah yang berlokasi sedikit di luar Kota Makkah menuju Jeddah. Hudaibiyah terletak sekitar 30 kilometer di luar kota Mekkah.

Jangan membayangkan bahwa peternakan tersebut menempati kandang besar seperti layaknya peternakan pada umumnya. Tepat di pinggir jalan raya tersebut, terhampar gurun pasir nan tandus.

Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh

Di gurun pasir itulah terdapat puluhan ekor unta. Tak ada pohon peneduh di sekitar area tersebut, yang ada hanya satu pohon berduri khas gurun pasir yang tak seberapa tinggi. Apa yang disebut sebagai peternakan unta tersebut adalah peternakan yang terbuka. Tak ada kandang besar. Puluhan unta tersebut dikumpulkan dan hanya dibatasi dengan pagar kawat yang sederhana. Di sebuah sudut, terlihat tumpukan rumput yang disiapkan sebagai makanan hewan berpunuk tersebut. Di sana terdapat puluhan unta yang terlihat mencolok di hamparan gurun pasir, adalah bau khas kotoran unta. Mereka yang tak kuat, segera menutupi hidung dan mulutnya menggunakan masker.

Unta hidup di padang pasir yang memiliki range temperatur udara yang mampu membunuh mayoritas makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan dan minum selama beberapa hari. Tubuh unta dapat bertahan hingga pada suhu 41 derajat celcius. Lebih dari itu, unta mulai berkeringat.

Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh

Kesempatan berkunjung ini tentu tak dilewatkan begitu saja oleh jamaah. Begitu turun dari bus, ada yang langsung melihat aktivitas unta serta mengabadikannya menggunakan ponsel ataupun smartphone. Tak lupa tentunya berfoto bersama unta

Ingin mencicipi air kencing unta dan susu unta?

Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh

Setibanya di peternakan unta, pengunjung bisa memberi makan unta dengan rumput yang sudah disediakan. Kendati hidup di gurun yang mana sejauh mata memandang sulit sekali menemukan tanaman hijau, namun unta-unta yang ada cukup gemuk. Bahkan unta-unta tersebut bisa memproduksi susu.

Uniknya lagi, di sana jamaah umroh juga bisa menemukan botol kuning yang tak lain adalah air kencing unta. Kencing tersebut dijual kepada pada pengunjung. Harga kencing unta dalam botol ukuran 330-350 ml adalah 20 Riyal atau sekitar Rp 71 ribu.

Harga Air Kencing Unta itu jauh lebih mahal  karena unta jarang kencing.. konon dipercaya memiliki khasiat tersendiri untuk mengobati penyakit. Tak heran kencing unta pun dikemas dalam botol dan dijual

Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat Umroh

Beberapa pekerja peternakan terlihat sibuk beraktivitas. Ada yang sedang memerah susu unta, ada pula yang sedang mengemas susu unta ke dalam botol. Susu unta yang diperah ditampung dalam wadah baskom stainlees. Kemudian wadah beriswi susu dibawa ke sebuah meja persegi yang diletakkan tak jauh dari situ. Susu pun dituang ke dalam botol air kemasan berukuran sedang.

Ingin mencicipi Susu Unta? 

Siapkan saja uang sebesar 5 SAR (Saudi Arabia Riyal) untuk satu botol susu unta, atau setara Rp 18.500 dengan kurs saat itu 1 SAR sama dengan Rp 3.700. Pekerja di peternakan tersebut pun tak henti menawarkan susu unta kepada pengunjung.

Bagaimana rasanya Susu Unta ? 

Rasanya segar, memang sedikit aneh rasanya, mirip dengan santan kelapa namun agak asin beda dengan susu sapi biasa, susu unta agak asin dan tawar. Meski demikian susu onta bisa mengurangi rasa dahaga ketika kehausan.. Susu unta sendiri diklaim memiliki khasiat mengobat sejumlah penyakit seperti diabetes, sesak napas, dan sebagainya hingga meningkatkan libido.

Demikinalah Artikel Tentang Mengunjungi Peternakan Unta Hudaibiyah di Mekkah Saat City Tour UmrohSemoga Bermanfaat Dan Kita Semua Umat Muslim dapat menjalankan ibadah Haji Plus dan Umroh dalam waktu dekat. Aaamiin YRA

WA KAMI
CALL KAMI