Tips Umroh Bersama Anak Kecil Agar Ibadah Umroh Lancar

Tips Umroh Bersama Anak Kecil Agar Ibadah Umroh Lancar

Menunaikan Ibadah Umroh bersama si kecil bisa jadi tantangan tersendiri. Mulai dari kebutuhan anak yang berbeda hingga mengajarkan serta membiasakan anak dengan tata cara serta aturan dalam menjalankan ibadah Umroh merupakan pekerjaan yang tidaklah mudah. Kurangnya persiapan Umroh bersama anak bisa berujung pada ibadah yang tidak khusyuk serta terganggu.

Tentu Toppers tak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk kamu yang memiliki rencana beribadah Umroh bersama anak-anak, merencanakan dan mempersiapkan Umroh bersama anak dengan baik dan benar tentu bisa membantumu menghindari berbagai gangguan yang mungkin muncul pada saat menjalankan ibadah. Berikut tips-tips ibadah Umroh bersama anak yang bisa Toppers ikuti untuk meminimalisir berbagai masalah yang dapat menganggu berjalannya ibadah.

Tips Umroh Bersama Anak Kecil Agar Ibadah Umroh Lancar

Tips Umroh Bersama Anak Kecil Agar Ibadah Umroh Lancar

  1. Pilih Waktu Umroh yang Tepat
    Pemilihan waktu Umroh bersama anak sangatlah penting karena Tanah Suci memiliki iklim yang sangat berbeda dari Indonesia sehingga si kecil bisa saja tidak terbiasa dengan perubahan cuaca ekstrem ini. Hindari menunaikan ibadah Umroh bersama anak pada saat Mekah dan Madinah memasuki musim panas yakni di antara bulan April hingga Agustus. Bulan Oktober, November, serta Desember merupakan awal dari musim dingin di tanah suci sehingga suhu udara pada periode ini jauh lebih nyaman dan memudahkan anak untuk beradaptasi, sehingga si kecil tidak mudah sakit ataupun rewel karena kepanasan.
  2. Perhatikan Kesehatan di Kecil
    Perbedaan iklim yang sangat ekstrem di tanah kecil tentu akan sangat berpengaruh pada kesehatan anak sehingga Toppers harus memastikan anak dalam keadaan sangat sehat dan fit sebelum berangkat menunaikan ibadah Umroh. Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksi jika ada penyakit atau potensi gangguan kesehatan sedini mungkin agar hal tersebut bisa dicegah dan ditanggulangi. Vaksinasi merupakan salah satu hal wajib setiap calon jamaah Umroh sebelum bisa memasuki tanah suci, tak terkecuali anak. Namun, dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak belum matang dan sempurna, konsultasikanlah pada dokter anak untuk mengetahui tambahan vaksin atau suplemen apa saja yang perlu dimiliki si kecil agar daya tahan tubuhnya bisa maksimal saat menjalankan ibadah Umroh di tanah suci.
  3. Pastikan Selalu Siap Sedia Semua Perlengkapan Anak
    Sama halnya seperti orang tua yang akan menunaikan ibadah Umroh, anak juga perlu mempersiapkan perlengkapan lengkap ibadah untuk anak. Pastikan Toppers sudah mempersiapkan pakaian Ihram khusus untuk anak-anak. Larangan dalam ibadah Umroh untuk orang dewasa juga berlaku pada anak-anak, jadi Toppers juga perlu mempersiapkan pakaian yang tidak dijahit serta pakaian syaโ€™ri untuk anak. Untuk anak-anak yang masih balita, jangan sampai keperluan wajib seperti botol susu, selimut bayi, popok, dan berbagai kebutuhan lainnya tertinggal. Siapkan juga tas kecil agar kebutuhan-kebutuhan ini mudah untuk di bawa-bawa kelak saat orang tua tengah beribadah bersama si kecil.
  4. Menyiapkan Kelengkapan Persyaratan Umroh untuk Anak
    Saat mempersiapkan rencana Umroh, tak hanya orang tua, anak-anak juga perlu mempersiapkan berbagai persyaratan dan dokumen termasuk paspor, visa umroh, dan juga Kartu Keluarga. Jadi, jangan lupa persiapkan juga semua persyaratan ini sebelum mendaftarkan si kecil untuk menunaikan ibadah Umroh bersama orang tua.
  5. Sediakan Cadangan Makanan untuk Anak dari Tanah Air
    Meskipun bukan berarti Toppers tak bisa menemukan makanan untuk anak-anak di Tanah Suci, mempersiapkan cadangan makanan khusus untuk anak dari Tanah Air adalah hal yang tak boleh disepelekan. Tubuh anak yang masih dalam masa tumbuh kembang bisa saja belum terbiasa mencicipi cita rasa makanan dan masakan yang berbeda dari di Indonesia. Belum lagi resiko alergi makanan pada anak. Maka dari itu, bawalah cadangan makanan seperti sereal, biskuit bayi, susu, atau berbagai jenis makanan anak lainnya yang bisa dikonsumsi anak selama berada di Tanah Suci.
  6. Siap Sedia Mainan untuk Anak
    Berada beberapa hari jauh dari rumah bisa saja membuat anak rewel dan cepat bosan. Untuk membantu anak tidak cepat bosan selama perjalanan Umroh, bawalah mainan favorit anak ataupun berbagai hal lain yang bisa membantu si kecil melakukan aktivitas favoritnya seperti buku mewarnai atau rekaman video favoritnya.
  7. Bawa Kereta Dorong Anak bila Diperlukan
    Membawa kereta dorong anak mungkin terdengar sangat merepotkan. Namun, ternyata tak sedikit orang tua yang berangkat Umroh bersama balita yang merasa jauh lebih praktis membawa kereta dorong anak pada saat Umroh bersama si kecil.

Apalagi mengingat ibadah Umroh membutuhkan fisik yang kuat, dengan menggunakan kereta dorong, Toppers bisa menghemat energi dari menggendong anak, dan si kecil juga takkan kelelahan.
Ternyata tidak sulit bukan memastikan si kecil siap untuk menunaikan ibadah Umroh bersama kedua orang tua? Persiapan Umroh dengan anak yang matang sangatlah penting karena permasalahan yang timbul akibat persiapan Umroh bersama anak yang tidak maksimal bisa sangat menganggu ibadah Umroh yang tengah Toppers jalani.

Tips Ibadah Umroh Bersama Anak Kecil

Agar rencanaTips Umroh Bersama Anak Kecil Agar Ibadah Umroh Lancar lebih maksimal, Toppers juga bisa temukan berbagai kebutuhan ibadah Umroh dan perlengkapan ibadah lainnya dengan baik.

Sudah siap mulai persiapan ibadah Umroh bersama keluarga tercinta?

WA KAMI
CALL KAMI